Sabtu, 01 Oktober 2016

Indofood Buka Pabrik Mie di Serbia



- PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) telah membuka pabrik mie di Indjij. Hadirnya pabrik Indofood di Serbia merupakan investasi pertama di Eropa.

Mengutip laman ekapija, seperti ditulis Senin (5/9/2016), investasi tersebut lebih dari 11 juta euro atau sekitar Rp 161,54 miliar (asumsi kurs Rp 14.685 terhadap euro). Pada tahap pertama, perseroan akan mempekerjakan 100 pekerja. Rencananya jumlah pekerja mencapai 500 setelah investasi tersebut sepenuhnya dilakukan.

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Axton Salim menuturkan, pihaknya mengapresiasi pemerintahan Serbia atas insentif dan kerja sama baik atas pembangunan pabrik tersebut. Indofood di bawah grup Salim juga akan memperluas hubungan ekonomi dan lainnya.

Adapun produksi mie di Serbia tersebut, perseroan akan menggunakan bahan baku lokal hingga 90 persen.

Presiden Serbia Tomislav Nikolic menuturkan, investasi Indofood menunjukkan kalau Serbia menjadi tempat tepat untuk investasi. Ia menilai, Serbia memiliki posisi yang sangat baik secara geografis, tenaga kerja berkualitas, kebijakan pajak menguntungkan dan berbagai macam insentif pemerintah lainnya.

Nikolic menuturkan, kemasan mie tersebut juga akan mencantumkan "Made in Serbia" di samping merek Indofood.

Selain itu ia juga menunjukkan kalau Serbia menjadi tujuan menarik untuk investasi lantaran lingkungan ekonomi yang stabil dan pemerintahan yang baik. Pemerintah pun akan selalu menjamin kalau investasi asing akan aman dan dilindungi.

Dia juga menekankan efek penting dari investasi ini menunjukkan kalau Serbia mampu mengambil bagian dan memenangkan pertandingan di pasar global.
"Bukinya adalah kenyataan kalau modal investor ini digunakan untuk beli mesin di Jepang, pekerja Serbia yang kompeten akan memproses bahan baku lokal dari Serbia yang berkualitas, dan akan diekspor ke Amerika Serikat, Uni Eropa, dan secara global," ujar dia.

Dalam pembukaan pabrik itu juga hadir Duta Besar Indonesia untuk Serbia Harry Richard James Kandou, serta Gubernur Indjija Vladimir Gak. (Ahm/Ndw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar