Tabel
berikut adalah rekapitulasi data biaya promosi, biaya distribusi dan
penjualan PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. dari tahun 1999 sampai tahun
2006. Untuk melihat perkembangan biaya promosi, dan biaya distribusi
serta tingkat penjualan dari tahun 1999 sampai dengan 2006 dijelaskan
melalui tabel dan grafik. Dengan menggunakan tabel maupun grafik dapat
dilihat tingkat kenaikan atau penurunan dari biaya promosi, distribusi
maupun penjualan. Pada tabel 1 terlihat bahwa perkembangan biaya promosi
dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Tahun 1999 sampai tahun 2006
mengalami kenaikan 17.09% tetapi pada tahun 2002 – 2003 mengalami
penurunan sampai 4.4% kemudian pada tahun 2004 mengalami kenaikan
sebesar 18.8%. Pada tahun 2005 mengalami penurunan sebesar 5.66% dan akhirnya pada tahun 2006 mengalami kenaikan sebesar 5.99%.
Perkembangan
biaya distribusi yang mengalami kenaikan dari tahun ke tahun kecuali
pada tahun 2002 yang mengalami penurunan sebesar Rp 31 milyar. Mengalami
kenaikan maupun penurunan, misalnya pada tahun 1999 – 2001 mengalami
kenaikan sebesar 27.02%, sedangkan pada tahun 2002 mengalami penurunan
yang drastis sebesar 34.04% kemudian tahun 2003 mengalami kenaikan
sebesar 48.64%, tahun 2004-2005 mengalami penurunan kembali sebesar
20.96% dan akhirnya pada tahun 2006 mengalami kenaikan sebesar 38.67%.
Perkembangan
penjualan dari tahun ke tahun secara fluktuasi, baik dilihat dari
rupiah maupun persentasenya. Pada tahun 1999-2000 persentase penjualan
mencapai 23.42%, sedangkan pada tahun 2000-2001 mengalami penurunan
sampai dengan 11.66%. Selama tahun 2002-2003 mengalami kenaikan sebesar
11.83%, tahun 2004 mengalami penurunan sebesar 0.83%, tahun 2005 mengalami kenaikan sebesar 3.06% dan pada akhir 2006 mengalami kenaikan sebesr 17.47%.
Perbandingan
antara biaya promosi, biaya distribusi dan tingkat penjualan. Hal ini
semakin jelas terjadinya fluktuasi dari tahun ke tahun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar